Kesalahan Klasik Twitter: Antara Reply dan Retweet

Twitter lagi bercaling. Media sosial berupa micro blogging dengan dukungan 140 karakter ini sedang booming. Jika dulu media social identik dengan IT geeks, sekarang sudah mewabah ke masyarakat luas. Bahkan ibu-ibu dagang canang pun yang tidak pernah menyentuh keyboard laptop ternyata telah menggunakan Facebook dan Twitter untuk mempromosikan dagangannya lewat HPnya.

Sayang, masih banyak pengguna twitter yang ikut-ikutan menggunakan twitter karena latah dan hanya ingin tampil gaya. Akhirnya twitter menjadi tidak fun dan time line menjadi kacau. Salah satu penyebabnya karena penggunanya belum mengerti sepenuhnya fitur-fitur yang ada di twitter.

Meski minim fitur, ternyata tidak otomatis memudahkan penggunanya. Salah satu kesalahan klasik yang dianggap wajar oleh penggunanya adalah penggunaan Reply dan Re-Tweet.

Nah, saya mencoba berbagi lewat opini pribadi saya tentang perbedaan Reply dan Re-tweet.

Reply digunakan ketika Anda ingin menjawab/menanggapi sebuah pertanyaan/pernyataan yang ditulis (ditweet) oleh orang lain. Saat melakukan Reply, Anda tidak usah menyertakan kembali tweet teman Anda. Karena Twitter telah menyediakan fitur untuk melihat rincian percakapakan Anda sedangkan Retweet adalah meneruskan pesan atau pernyataan yang ditulis orang lain.

Retweet adalah cara yang bagus untuk berbagi informasi tetapi penting untuk mengakui orang yang awalnya sebagai pembuat pesan. Untuk melakukan ini, Anda cukup menempatkan RT diikuti @namapengguna pada awal tweet Anda sehingga semua orang tahu bahwa itu retweeted (tweet terusan) atau copy paste dari orang lain.

Contoh: RT @detikcom Dua Penalti Telat Bikin Arsenal & Liverpool Berimbang http://t.co/zFCeh41 via @detiksport

Anda mungkin mau menambahkan opini Anda sendiri dalam retweet tadi, cukup tambahkan di depannya, misalnya:
Arsenal layak dapat juara, RT @detikcom Dua Penalti Telat Bikin Arsenal & Liverpool Berimbang http://t.co/zFCeh41 via @detiksport

Sangat penting untuk dicatat bahwa ada dua jenis Replies. Anda dapat melakukan Reply @namapengguna yang akan muncul di feed Twitter Anda dan akan terbaca oleh orang lain (follower Anda) atau Anda dapat melakukan Direct Message yang hanya akan dilihat oleh orang yang Anda inginkan.
Contohnya Anda ingin mengirimkan nomor telepon atau alamat email Anda kepada teman Anda dan tidak ingin dilihat oleh follower Anda.

5 thoughts on “Kesalahan Klasik Twitter: Antara Reply dan Retweet

Leave a Reply

%d bloggers like this: