Ngeblog, Mahalkah??

Ada beberapa teman yang bertanya, berapa mahal sih biaya ngeblog? Mereka mungkin tertarik untuk ikut berbagi ide di dunia internet, namun mereka berpikir bahwa ngeblog itu mahal dan perlu keahlian sebagai seorang programmer.

Untuk menjawab pertanyaan teman tadi, saya langsung terlintas untuk sekalian berbagi jawabannya disini. Mungkin bermanfaat juga buat Anda yang baru meneganl dunia per”blog”an.

Ngeblog, bukanlah sesuatu yang sulit dan memerlukan kehalian sebagai seorang programmer atau webmaster. Kebanyakan dari Anda, saya yakin bisa melakukannya. Yang paling penting adalah, apakah anda punya ide untuk anda tuangkan ke dalam blog Anda. Jika Anda ingin blog Anda dikunjungin banyak orang, yang diperlukan hanyalah kontinuitas. Akan lebih menarik lagi jika Anda mempunyai topik khusus yang unik.

Saya bukan, webmaster, bukan programmer, bukan pula jurnalis. Saya hanya ingin mencoba menuangkan ide-ide di kepala. Pusing juga kalau dipendam terus. Nah, jika Anda merasa pusing dengan ide-ide Anda sendiri, tanpa tahu harus menyalurkannya kemana, karena surat kabar dan media lainnya sudah tidak menerima inspirasi dan aspirasi Anda, mulailah ngeblog. Ngeblog apang tusing Belog kata Mas Anton.

Lalu, berapa mahal sih biaya ngeblog? Jawabannya bisa gratis, bisa juga puluhan juta setahun.

Ngeblog dengan Gratis

Bagaimana caranya? Ada banyak penyedia blog platform gratisan, seperti WordPress, Blogspot, Blog, dan masih banyak lainnya. Anda tinggal kunjungi “penyedia jasa blogging” tersebut, lalu daftarkan diri Anda. Jika registrasi Anda berhasil anda biasanya akan mendapatkan alamat blog seperti: namaanda.blogspot.com atau namaanda.wordpress.com. (namaanda disebut subdomain, sedangkan wordpress disebut sebagai domain). Selanjutnya anda tinggal melakukan posting sesuai minat Anda.

Terus, biaya warnet kan tetap harus bayar? Tidak juga, jika Anda berniat, Anda bisa kunjungi hotspot-hotspot yang menyediakan koneksi internet secara gratis. Misalnya di Tiara Kuta Galleria. Bawa laptop Anda kesana,pesan satu cangkir kopi panas, hidupkan laptop Anda, dan ngebloglah sepuas Anda. Nah, benar-benar gratis kan?? Namun jika Anda terlalu jauh dari hotspot, Anda bisa berlangganan internet sendiri. Ada banyak penyedia layanan internet murah mulai dari 45,000/bulan. Coba cari sendiri…

Ngeblog yang Murah

Anda tidak puas dengan blog Anda yang masih ada embel-embel domain dari penyedia layanan blogging? Jika Anda ingin mempunyai blog dengan namaanda.com atau namaanda.net, saatnya Anda mempunyai domain sendiri. Sebuah domain biasanya berharga sekitar 75,000 sampai 150,000 setahun. Status kepemilikan domain bukan sepenuhnya menjadi hak Anda. Ketika Anda membeli domain, sebenarnya lebih tepat dikatakan menyewa. Karena domain ada masa aktifnya sesuai jangka waktu yang Anda bayar. Jika Anda membayar sebuah domain untuk harga selama 1 tahun, maka domain itu menjadi hak Anda selama satu tahun. Jika tidak Anda perpanjang kontraknya, domain Anda bisa diambil alih oleh orang lain.

Setelah Anda mempunyai domain, selanjutnya Anda harus mempunyai web hosting, dimana Anda menyimpan file-file Anda agar bisa diakses oleh seluruh pengguna internet. Ada yang gratis ada yang berharga puluhan sampai ratusan juta setahun.

Jika Anda belum mau membeli hosting Anda bisa manfaatkan webhosting-web hosting gratisan seperti:
1. Free Hostia
2. 000WebHost
Dan masih banyak lagi. Coba lakukan search dengan keyword: FREE Web Hosting. Anda akan menemukan aneka web hosting gratis. Jadi, Anda cukup beli domain, lalu hostinya di web hsoting gratis. Anda bisa membeli (tepatnya menyewa sebuah domain) di registrar-registrar yang mempunyai kredibilitas yang bagus. Seperti Godaddy, Register dan lain-lain.

Untuk hosting yang lebih serius, Anda bisa menggunakan hosting-hosting berbayar. Beberapa web hsoting yang murah yang pernah saya dan teman-teman coba adalah:

  1. Web Hosting Pad
  2. Blue Host
  3. Host Monster.

Anda juga bisa sekalian membeli domain di 3 web hosting di atas.

Semoga bermanfaat.

ย 

15 thoughts on “Ngeblog, Mahalkah??

  • Di Bali, dagang domain apa yang murah bin bagus ya?…
    Kalau mindahin content ke domain baru bisa ribet nggak ya? btw, saya baru belajar ngeblog, butuh banyak panduan lagi buat belajar.

  • Di Bali ada http://www.baliorange.net. Coba kontak disana.
    Di wordpress ada fasilitas Export yang memudahkan kita memindahkan data ke blog baru.
    Di website baru tinggal import data yang telah diexport sebeleumnya.
    Silakan email tiang jika ada yang mau ditanyakan. Tiang juga masih belajar sih. Kita belajar sama2.

  • dek didi, sebenarnya sering terlintas untuk pake domain sendiri namun terkadang males, takut nanti malah tambah ribet dan tidak semudah pake wp misalnya tinggal posting aja. belum lagi ngurusin Cpanel, bandwidth limit juga kadang2 hostingnya macet.

    benarkah begitu? klo pake domain sendiri, masihkah bisa ngeblog segampang pake wp misalnya?
    thanks

  • @devari
    Salam kenal bli,
    Sebenarnya sama saja pakai domain sendiri atau masih nebeng sama wordpress. Sama2 gampang koq ngeblognya. Tingaal install WordPress dari Cpanel –> Fantastico. Cuma dalam beberapa kali klik.
    Cuma saya mikirnya. Kayaknya lebih mantep kalo bli make sendiri http://www.devari.com atau http://www.devari.net.
    Seperti ada branding tersendiri, gitu loh.
    Hehehe….
    Masalah bandwith, hosting yg macet tergantung pintar2nya milih hosting sih menurut saya.
    Di Bali ada beberapa penyedia hosting sih, tp sepertinya masih Re-seller.
    Coba saja tanya2.

  • thanks a lot penjelasannya dek, wah sayangnya kedua domain itu sudah ada yang punya. klo di bali yang handal apa ya dek webhosting nya?

  • Kalau di Bali tiang tidak ada yang tahu persis gimana service-nya. Semua website saya hostingnya di luar.
    Coba kunjungi http://www.baliorange.net bli.

  • Salam….mitrausahakapal

    “Punya Mobil Mewah….Biasa, Punya KAPAL….baru LUAR BIASA”
    (Kemitraan usaha kapal tangkap ikan No: 1 di Indonesia)

    Bangkitkan kembali kebesaran sejarah bangsa Indonesia sebagai bangsa bahari dengan waralaba kapal tangkap ikan.
    Oleh karena itu kami membuka peluang kepada masyarakat untuk
    memiliki usaha kapal tangkap ikan.

    Klik! http://www.mitrausahakapal.com
    Konsultasi:
    Ario Praswandaru (08123273163)

  • Bli mau minta tolong lagi, saya iseng-iseng beli domain, tetapi saya belum tau caranya untuk membuat website sendiri, saya sudah coba hosting gratisan di http://bravenet.com tetapi web saya nggak bisa dibuka, memang sich belum ada isinya,tapi sudah saya upload beberapa file untuk nyoba.
    Apakah domainnya, tidak boleh dipakai untuk hosting gratis ya? (saya beli domain di Bali Intermedia Utama)
    Terimakasih sebelumnnya!

  • wah terima kasih banyak informasinya Bli saya baru dr kemarin sign up
    diwordpress ini
    benar2 masih kacangan, jadi saya akan coba terus sampai bisa

    Sama2 bli. Boleh dong info blognya. Gak ada istilah kacangan koq dalam blog.
    Cuma masalah duluan aja memulai.
    Gud luck

  • Nih ad Web Host GRATIS http://hosting.mazvi.com/
    Hsoting disini kecepatan aksesnya lebih cepat dibanding 000webhost walau space dan bandwithnya kalah jauh ma 000webhost he he ๐Ÿ™‚

  • Maz-V Says:
    Nih ad Web Host GRATIS http://hosting.mazvi.com/
    Hsoting disini kecepatan aksesnya lebih cepat dibanding 000webhost walau space dan bandwithnya kalah jauh ma 000webhost he he ๐Ÿ™‚

  • Gee, lagi tlusurin baliorange, nemu postingan ini. Suksma referensinya Dek Didi !. Apreciate it much.

  • Klo aq sich masih mengandalkan yang grentongan untuk domain dan web hosting (dua istilah yang baru2 ini aja aq tahu maksudnya heheheh….) karena memang gak sepenuhnya ngeblog untuk menghasilkan duit paling untuk sekedar penghilang rasa suntuk. Tapi klo akses internetnya sich aku pake yang berbayar karena di Tabanan masih jauh dari tempat2 hotspot.

Leave a Reply

%d bloggers like this: